Address
Work Hours
Senin - Sabtu, 08.00 - 17.00 WIB
Pada banyak kesempatan, orang menganggap backlink dan referring domain itu sama. Padahal, mereka adalah hal yang berbeda.
Tidak saja berbeda secara teknis, impactnya juga berbeda.
Oleh karenanya, kami merasa perlu untuk membahas topic ini lebih jauh. Sehingga website owner benar-benar bisa membedakannnya dengan backlink.
Untuk anda yang sudah tahu bedanya, bisa lewatkan saja tulisan ini. Mungkin bisa langsung melihat penawaran Jasa PBN yang kami tawarkan.
Mari kita bahas pelan-pelan.
Backlink, kadang-kadang disebut sebagai link masuk dari website lain ke website kita.
Secara sederhana, backlink kita kenal dengan istilah link hiperteks yang menghubungkan satu website dengan website yang lainnya.
Mereka berguna sebagai jalur bagi pengguna untuk menavigasi antara berbagai halaman web yang berbeda, dan juga berfungsi sebagai jalur bagi crawler mesin pencari untuk menjelajahi dan mengindeks konten.
Backlink pada dasarnya mewakili suara keyakinan dari satu situs web ke situs lainnya. Ketika situs web yang terkemuka menghubungkan ke konten Anda, hal itu seperti mereka memberi jaminan atas kredibilitas dan keahlian Anda.
Sementara backlink memfasilitasi hubungan antara halaman individu, domain yang merujuk menciptakan hubungan antara seluruh situs web.
Domain yang merujuk adalah situs web yang mengandung link yang mengarah ke situs web Anda. Pikirkan itu sebagai dukungan yang lebih luas dari sebuah situs web daripada hanya satu halaman tunggal.
Ini seperti anggukan persetujuan dari satu entitas daring ke entitas lainnya. Ketika beberapa halaman dari domain yang sama menghubungkan ke situs web Anda, mereka masih dihitung sebagai satu domain yang merujuk.
Perbedaan antara backlink dan domain yang merujuk ini penting karena menyoroti perbedaan antara link satu kali dan suara dukungan berkelanjutan dari situs web.
Inti masalahnya terletak pada pemahaman perbedaan yang mendalam antara backlink dan domain yang merujuk. Peribahasa yang sering dikutip “kualitas lebih penting daripada kuantitas” berperan di sini.
Hanya mengumpulkan banyak backlink dari satu situs web tidak memiliki bobot yang sama seperti mengumpulkan backlink yang beragam dari banyak situs web.
Dengan kata lain, tidak masalah berapa kali sebuah situs web menghubungkan ke Anda, tetapi berapa banyak situs web yang berbeda bersedia memberikan dukungan atas konten Anda.
Analoginya sederhana: Bayangkan Anda mencalonkan diri untuk sebuah jabatan politik. Memiliki seratus suara dari lingkungan yang sama mungkin tidak seefektif memiliki suara dari seratus lingkungan yang berbeda.
Keragaman dukungan menunjukkan penerimaan dan kepercayaan yang lebih luas.
Demikian pula, dalam ranah digital, jumlah domain yang merujuk yang tinggi menunjukkan kepada mesin pencari bahwa berbagai sumber kredibel mengakui relevansi dan otoritas konten Anda.
Hubungan antara backlink dan domain yang merujuk bersifat simbiotik, tetapi yang terakhir memainkan peran yang lebih menentukan dalam keberhasilan SEO.
Mesin pencari, terutama Google, memberi prioritas pada kualitas dan keragaman. Mendapatkan beberapa backlink dari satu domain dapat memunculkan kecurigaan manipulasi, yang mengurangi nilai mereka di mata algoritma.
Sebaliknya, mendapatkan link dari berbagai domain terpercaya mengindikasikan rekomendasi yang tulus dan membentuk kredibilitas situs web Anda.
Keragaman ini menunjukkan bahwa konten Anda beresonansi dengan berbagai audiens dan memiliki tingkat otoritas yang tidak mudah diabaikan.
Inti dari strategi SEO yang sukses adalah bertujuan untuk portofolio backlink berkualitas tinggi dari berbagai domain yang merujuk.
Meskipun baik backlink maupun domain yang merujuk memengaruhi peringkat mesin pencari suatu situs web, yang terakhir memiliki pengaruh yang lebih besar.
Ini seperti membangun jaringan aliansi, di mana setiap domain yang merujuk memberikan dukungan untuk kebernilaian situs Anda.
Strategi ini melibatkan tidak hanya menciptakan konten yang luar biasa, tetapi juga menjalin hubungan dengan berbagai situs web berotoritas untuk mendapatkan link yang diidamkan tersebut.
Sebagai kesimpulan, perbedaan antara backlink dan domain yang merujuk sangat penting dalam memahami dinamika SEO. Sementara backlink bertindak sebagai suara keyakinan, domain yang merujuk memiliki kekuatan dukungan yang beragam.
Hanya fokus pada mengumpulkan backlink mungkin akan mengarah pada hasil yang semakin mengecil jika tidak diiringi dengan peningkatan domain yang merujuk.
Keberhasilan SEO bergantung pada membangun jaringan domain yang merujuk yang beragam, kredibel, dan berotoritas tinggi, akhirnya meningkatkan visibilitas, kredibilitas, dan otoritas situs web dalam lanskap digital.