4 Strategi pemasaran untuk memenangkan kompetisi di era persiangai super ketat

Strategi pemasaran

Pernahkah Anda menyukai seseorang dan berharap bahwa orang tersebut menjadi pasangan hidup Anda?

Tetapi ditengah jalan Anda menyadari bahwa ternyata orang yang berharap menjadi pasangan hidupnya bukan cuma Anda.

Semakin hari makin Anda sadari bahwa saingan Anda tersebut punya penampilan yang sama, karir yang sama, kegantengan atau kecantikan yang sama dengan Anda.

Setelah mengetahui hal ini apa yang ingin Anda lakukan?

Mundur karena minder?

Tetap maju sekuat tenaga Anda?

Atau mencoba tampil beda? Ditambah dengan sepertiga malam dan duha misalnya hehehe

Dalam dunia bisnis kompetisi untuk memikat hati pelanggan tidak jauh berbeda dengan cerita diatas.

Red Ocean & Blue Ocean Strategy

Mungkin Anda pernah dengar istilah Red Ocean & Blue Ocean Strategy.

Kondisi dimana cukup banyak persaingan untuk memikat hati orang yang Anda sukai tersebut atau dalam hal ini pelanggan Anda disebut dengan istilah Red Ocean.

Kalau para pebisnis sering menyebutnya dengan istilah pasar berdarah-darah.

Sedangkan ketika Anda mencoba untuk merubah strategi bisnis dengan tampil beda, Anda baru saja membuka medan perang baru dan mulai lepas dari persaingan namun tetap dengan tujuan memikat target pasar yang sama.

Kondisi seperti ini disebut dengan Blue Ocean.

Blue Ocean Strategy ini sudah sering dibahas. Mungkin anda bisa mencari materinya di Youtube.

Cara ini di perkenalkan oleh W. Chan Kim dan Renee Mauborgne dalam bukunya dengan judul yang sama, yaitu Blue Ocean Strategy.

Jadi pada dasarnya Blue Ocean Strategy tetap membidik pasar potensial, namun membuat kriteria baru yang belum pernah dilakukan oleh kompetitor lain.

Itu artinya, pasarnya sudah ada sehingga Anda tidak perlu mengedukasi pasar baru.

Hal ini pernah dilakukan oleh Blackberry pada masa kejayaannya dahulu.

Dimana Blackberry pada dasarnya secara fungsional tidak jauh beda dengan produsen handphone lainnya.

Namun agar melepaskan diri dari persaingan ketat tersebut Blackberry membuat kriteria khusus (medan perang baru) dengan meluncurkan platform messenger pribadinya yaitu Blackberry Messenger (BBM).

Dengan begini persaingan ketat produsen hanphone tidak terlalu terpengaruh lagi.

Penerapan Blue Ocean Strategy ini bisa dilakukan dengan 4 tahapan:

Elliminate (Hilangkan)

Yaitu dengan menghapuskan atau menghilankan unsur-unsur yang tidak bernilai agar Anda bisa menang bersaing dalam waktu yang panjang.

Reduce (Kurangi)

Yaitu mengurangi unsur-unsur yang nilainya kurang tetapi masih bisa diperlukan, dan juga bisa mengurangi faktor lain seperti sesuatu yang membebani biaya.

Jika dalam hal fashion misalnya bahan dasar kain.

Raise (Tingkatkan)

Meningkatkan unsur-unsur yang bisa menjadi keunggulan diatas standard kompetior yang ada.

Misalnya jahitan yang berkualitas dari produk Anda..

Terakhir adalah Create (CIptakan)

Yaitu menciptakan unsur-unsur atau faktor yang belum pernah ada dalam industri sebelumnya yang akan mejadi pembeda dalam jangka panjang.

Hal ini yang dilakukan Blackberry dengan meluncurkan BBM kala itu.

Kesimpulannya adalah kurangi dan hilangkan yang kurang penting.

Lebihkan dan ciptakan apa yang diinginkan oleh target pasar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *